Tahukah Anda Trombosit Itu Apa?




Mari Kenali Kesehatan Anda Dengan Trombosit
Dalam kehidupan sehari-hari, kita jarang memahami kalau betapa pentingnya kesehatan dengan mengenali pembekuan darah yang disebut Trombosit,  Trombosit adalah bagian terkecil dari unsur selular sumsum tulang dan sangat penting peranannya dalam hemostatis dan pembekuan. 
Kira-kira sepertiga dari trombosit berada dalam limpa sebagai sumber cadangan. Sisanya berada dalam sirkulasi. 

Kondisi normal trombosit berjumlah antara 150.000-400000/mm3. 
Tahukah Anda betapa pentingnya trombosit ini, trombosit ini terjadi agar darah yang ada didalam tubuh manusia tetap kembali normal, apabila trombosit menurun maka dapat di identikan dengan penyakit demam berdarah atau DBD yang memang salahsatu gejala demam berdarah tersebut adalah menurunnya trombosit, namun ada pula penyakit lain yang ditandai dengan menurunnya trombosit salahsatunya yaitu ITP (Immunologic Thrombocytopenia Purpura), yaitu suatu kelainan pada sel pembekuan darah, yakni trombosit yang jumlahnya menurun sehingga menimbulkan pendarahan. Pendarahan yang terjadi umumnya pada kulit berupa bintik merah hingga ruam kebiruan. Selain itu juga terkadang bisa terjadi mimisan dan gusi berdarah.
Selain itu pula, Penyakitnya bisa berupa anemia aplastik, Anemia aplastik terjadi jika sel yang memproduksi butir darah merah yang terletak di sumsum tulang, tidak dapat menjalankan tugasnya. Selain anemia aplastik, trombosit yang rendah juga kerap ditemui pada penderita penyakit leukemia. Sering juga ditemui pada penderita penyakit mielofibrosis. Saat kita baru lahir, trombosit diproduksi oleh limfa dan liver namun seiring bertambahnya usia, kemudian fungsi ini dijalankan oleh sumsum tulang. Karena muncul penyakit mielofibrosis, sumsum tulang tidak berfungsi, sehingga limfa dan liver kembali bekerja dan membesar. Untuk mengetahui penyakit mana yang diderita, perlu dilakukannya tes.

Setelah kita mengetahui penyebab turunnya produksi trombosit dalam tubuh, lalu bagaimana cara meningkatkan trombosit tersebut? salahsatu cara nya bisa dengan ekstrak jus kulit manggis dari Xamthone Plus
lalu mengapa jus kulit manggis mampu meningkatkan trombosut dengan cepat? Menurut penelitian ilmiah tentang khasiat manggis dalam meningkatkan trombosit dalam kulit manggis tersebut terdapat suatu zat yaitu Xanthone. Dengan didukung oleh berbagai pengakuan empiris yang bermunculan menyebutkan, manggis yang telah diolah menjadi jus, terutama kulitnya mampu meningkatkan kadar trombosit secara signifikan.