Kenali Gula Anda




Gula dapat berteman dengan kita, Gula-pun akan jadi musuh besar dalam hidup kita, untuk itu kenalilah Gula Anda. Berbicara tentang Gula, sangat erat kaitannya dengan darah, setiap tetes darah yang ada didalam tubuh kita terdapat kadar gula, kadar gula yang tidak stabil ditiap aliran darah yang ada didalam tubuh kita dapat menyebabkan Diabetes.
Setiap manusia terkadang kurang menyadari akan penyakit diabetes  karena penyakit ini  mudah datang dengan disertai nafsu makan yang meningkat (polifagi)  sehingga hal ini lah yang kurang kita sadari, karena pikirnya nafsu makan meningkat maka berat badan tubuh akan naik  sehingga menghiraukan begitu saja. Untuk itulah kenalilah penyakit ini, apabila anda mengalami nafsu makan yang tinggi, bukan berarti kondisi badan anda akan naik tetapi ini merupakan gejala dari diabetas yang diserta rasa lemas atau kurang tenaga, selain itu pula seseorang yang tengah menderita penyakit diabetes maka akan mengalami sering buang air kecil atau pipis (poliuri), sering merasa haus (polidipdi).
Efek yang dapat merespon terjadinya Diebetes karena mengkonsumsi makan yang terlalu banyak mengandung Karbonhidrat, hal ini akan sangat mempengaruhi naiknya kadar gula yang ada didalam darah, korbonhidrat yang berlebihan akan menjadi energi yang sangat cepat sehingga proses aliran darah pun akan ikut lebih cepat  sedangkan tingkat gula darah hanya mampu dalam hitungan jam.
Tips untuk menghindari Penyakit Diabetas
1.    Karbonhidrat
Kurangi konsumsi makanan yang mengandung karbonhidrat yang dapat merespon diabetes seperti
#Sagu #Singkong #Ubi #Kentang
#Oat Oat berasal dari gandum dan memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol tubuh. Dapat dengan mudah ditemukan dalam bentuk instan dan biasa digunakan sebagai alternatif makanan di pagi hari. Biasa disajikan dengan cara diseduh atau direbus sebentar sehingga menyerupai bubur. Cara lain adalah dengan menambahkannya dalam kue atau roti.
#Pasta Spaghetti, fettuccini, fusilli, cocciolini atau macaroni adalah beberapa bentuk pasta yang biasa kita temui. Pasta sebenarnya berasal dari tepung terigu yang diolah dan menghasilkan bentuk kering yang beraneka ragam. Biasa diolah dengan cara dipanggang, direbus kemudian ditambahkan saus seperti bolognaise atau carbonara.
2. Kontrol insulin
Naiknya gula darah bisa juga disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Hal ini bisa diatasi melalui diet dan aktivitas fisik, seperti olahraga secara rutin.
3. Stres
Emosi juga bisa sangat berpengaruh terhadap gula darah dan menyebabkan tingginya kadar gula darah. Untuk itu, selain menjaga kesehatan fisik, sebaiknya emosi dan pikiran juga harus selalu dijaga.
4. Kurang olahraga
Olahraga secara teratur setiap hari bisa membantu mengatur tingkat gula dalam darah. Kurang olahraga, sebaliknya, juga bisa menyebabkan gula darah meningkat.
5. Infeksi, penyakit, dan operasi
Ketika mengalami sakit, infeksi, atau menjalani operasi, kadar gula dalam darah biasanya naik lebih cepat dibanding pada orang yang tidak sakit atau mengalami infeksi.
6. Obat-obatan
Mengonsumsi beberapa jenis obat, seperti steroid juga mampu mempengaruhi tingkat gula darah. Obat-obatan semacam itu bisa meningkatkan gula darah.